Minuman Gula Asem : Khasiat dan Cara Membuatnya

Minuman gula asem sangat digemari, baik oleh orang tua apalagi kaum muda. Rasanya yang manis-manis asem memberikan kesegaran luar biasa sebagai pelepas dahaga. Minuman ini sudah sejak lama dikenal masyarakat kuliner Nusantara. Hal ini disebabkan karena buah asam sangat mudah didapatkan.

Buah asam yang ada di Indonesia dikenal dengan nama asam Jawa, karena memang dulunya pohon asam banyak ditanam di pulau Jawa. Minuman gula asem yang banyak dikenal masyarakat Indonesia dibuat dari buah asam hasil panenan dari pohon asam pinggir jalan atau pohon asam yang tumbuh liar.

Hingga saat ini di Indonesia belum terdengar buah asam yang dihasilkan dari perkebunan / budi daya pohon asam. Budi daya perkebunan pohon asam banyak terdapat di Thailand dan Philippina.

Minuman gula asem sangat nikmat untuk pelepas dahaga. Selain menyegarkan, minuman gula asem juga sangat baik untuk kesehatan karena mengandung kalsium, vitamin A dan sedikit vitamin C. Buah asam sendiri juga dikenal dapat membantu menurunkan panas, meredakan batuk dan menyembuhkan sariawan.

Cara membuat minuman gula asem sangat mudah sekali :

-  Pertama buah asam jawa direbus dengan air hingga mendidih.

-  Saring airnya hingga didapatkan sari buah asam segar.

-  Tambahkan gula aren atau gula merah dan gula pasir secukupnya.

-  Tambahkan es batu untuk kesegaran lebih sempurna, maka minuman gula asem pun siap dinikmati.

Jika anda adalah orang yang menyukai segala sesuatunya serba praktis, tidak mau banyak ribet dan repot, saat ini banyak tersedia minuman gula asem dalam kemasan, baik yang siap minum maupun yang instant dan dalam bentuk syrup gula asem.

Bregas dari Jogjakarta memproduksi syrup gula asem dari buah asam jawa asli dan gula aren. Kesegarannya sangat pas untuk menemani saat-saat santai maupun untuk jamuan acara resmi.

Klik di sini untuk mengetahui lebih lengkap syrup gula asem Bregas.