Minuman Segar : Teman Saat Santai Maupun Hidangan Acara Resmi

Minuman segar, membayangkannya saja rasanya sudah nikmat sekali. Apalagi di saat panas terik siang hari, minuman segar adalah dambaan setiap orang untuk pelepas dahaga.

Sedang bingung memikirkan minuman segar apa yang akan dihidangkan dalam acara arisan atau pertemuan keluarga beberapa hari lagi. Atau ingin sesuatu yang lain untuk menghidupkan suasana keluarga sehari-hari, ingin menghadirkan minuman yang berbeda di meja makan atau di ruang keluarga saat menonton TV. Atau mungkin sedang mencari-cari minuman segar apa yang paling cocok dipasangkan dengan menu buka puasa esok hari.

Mudah-mudahan tulisan kecil ini bisa membantu memilih minuman segar yang paling pas.

1. Es teh dan es jeruk
Minuman segar pelepas dahaga paling populer dan paling mudah membuatnya. Hampir tiap hari kita menikmati es teh atau es jeruk karena keduanya adalah menu wajib setiap warung makan. Variasi dari kedua jenis minuman ini adalah es lemon tea.

2. Juice buah
Minuman segar ini selain membebaskan kita dari rasa dahaga juga bermanfaat untuk kesehatan. Cara membuatnya pun mudah sekali. Hindari pemakaian gula jika ingin menkonsumsi juice buah secara rutin, untuk menghindari pertambahan berat badan. Untuk informasi lebih jauh tentang manfaat masing-masing jenis buah untuk kesehatan, bisa dibaca dalam buku-buku atau halaman web tentang terapi kesehatan dengan juice buah.

3. Es teler, es dawet, es buah, sup buah, es cincau, dll
Minuman segar ini cukup repot untuk membuatnya. Tetapi kesegaran dan kenikmatannya sepadan dengan waktu dan tenaga yang kita luangkan untuk membuatnya.

4. Es kelapa muda, es kopyor, es blewah, es timun suri, dll
Tidak terlalu repot untuk membuatnya. Kesegaran minuman segar ini pun sangat menggoda, apalagi sebagai menu buka puasa di bulan Ramadhan.

5. Es gula asem, es beras kencur, es kunir asem, es temulawak, es sinom.
Ini adalah minuman segar dari bahan herbal. Seringkali orang menyebutnya jamu. Karena rasa bahan herbalnya yang sangat ringan, sebenarnya minuman ini lebih sebagai pelepas dahaga yang menyehatkan.

6. Kopi, bajigur, bandrek, wedang jahe, wedang uwuh, sekoteng, serbat.
Jika lima minuman segar sebelumnya cocok untuk suasana panas terik, maka minuman segar yang terakhir ini cocok untuk suasana udara dingin. Misalkan saat berada di daerah pegunungan atau saat musin hujan banyak mengguyur, sehingga kita perlu minuman segar yang menghangatkan.

Bagi yang menggemari minuman herbal, Bregas Alami – Yogyakarta memproduksi syrup beras kencur, syrup gula asem, syrup temulawak, syrup jahe dan syrup jeruk nipis. Semuanya asli dari bahan herbal. Membuat minuman beras kencur, gula asem, jahe, temulawak dan jeruk nipis pun jadi mudah.